Pungutan Ekspor CPO Dihapus, Harga TBS Langsung Melesat

Hisconsulting, Jakarta РDirektur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Askolani mengatakan penghapusan pungutan ekspor untuk seluruh produk Minyak Kelapa Sawit (CPO) dan turunannya telah memberikan dampak positif. Salah satunya adalah ekspor CPO yang telah meningkat.

Penghapusan pungutan ini diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 115 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas PMK Nomor 103 Tahun 2022 tentang tarif layanan badan layanan umum, badan pengelola dana perkebunan kelapa sawit yang mulai berlaku 15 Juli hingga 31 Agustus 2022.

“Kita bisa melihat dari output dunia CPO, ekspor CPO naik mencapai 100 hingga 140 ribu ton per hari, dibandingkan (sebelum) 15 Juli hanya 60 hingga 90 ribu ton, jadi ada lonjakan ekspor CPO,” kata dia dalam¬†video conference,¬†dikutip Kamis, 28 Juli 2022.

Tak cuma ekspor saja yang meningkat, ia menambahkan harga Tandan Buah Segar (TBS) di tingkat petani juga mengalami kenaikan seiring dengan penghapusan pungutan tersebut. Artinya, kebijakan pemerintah juga turut membantu petani maupun masyarakat.

Baca Juga: Bulog Impor 100 Ribu Ton Daging Kerbau India Tahun Ini

“Dari harga TBS per 25 Juli itu Rp1.500 lebih per kilogram, jauh lebih tinggi dari harga pada 15 Juli yang masih sekitar Rp1.000 per kilogram. Selain itu, output dari minyak goreng curah mencapai Rp15 ribu untuk se-Indonesia,” ungkapnya.

Askolani menjelaskan  kebijakan pemerintah tentunya berhasil membantu stabilisasi harga baik di tingkat petani maupun harga minyak goreng bagi masyarakat. Terlebih saat ini kenaikan harga komoditas termasuk CPO juga memberikan keuntungan.

“Tentunya negara mempunyai peluang dan kesempatan untuk mendapatkan windfall dari keuntungan yang didapat pelaku usaha salah satunya melalui bea keluar dan pajak ekspor. Pemerintah juga memantau perkembangan harga komoditas juga target untuk mengendalikan harga minyak goreng,” pungkas dia.

Artikel ini telah tayang di m.medcom.id¬†dengan judul “Pungutan Dihapus, Ekspor CPO hingga Harga TBS Langsung Melesat”, Klik selengkapnya di sini:¬†https://m.medcom.id/ekonomi/bisnis/5b2JYJnb-pungutan-dihapus-ekspor-cpo-hingga-harga-tbs-langsung-melesat
Penulis: Eko Nordiansyah

Show Buttons
Hide Buttons