Menkeu Kumpulkan Pajak Kripto Lebih dari Rp48 Miliar

Hisconsulting, Jakarta –¬†Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah telah mengumpulkan lebih dari Rp48 miliar dari pengenaan pajak atas aset kripto. Penerimaan tersebut dikumpulkan dalam kurun dua bulan sejak aturan ini diterapkan pada 1 Mei lalu.

Ia mengungkapkan, penerimaan pajak kripto ini terdiri dari Pajak Penghasilan (PPh) 22 final atas transaksi aset kripto melalui PPMSE dalam negeri dan penyetoran sendiri sebesar Rp23,08 miliar dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dalam negeri sebesar Rp25,11 miliar.

“Kita juga memungut pajak kripto. Kita mendapatkan Rp23,08 miliar untuk PPh Pasal 22 dan PPN dalam negerinya Rp25,11 miliar,” kata dia dalam¬†video conference, dikutip Kamis, 28 Juli 2022.

Pemerintah sebelumnya mengenakan pajak atas transaksi kripto mulai 1 Mei 2022. Kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 68/PMK.03/2022 tentang Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penghasilan atas Transaksi Perdagangan Aset Kripto.

Untuk PPN yang terutang atas perdagangan kripto dipungut adalah sebesar 0,11 persen dikali dengan nilai transaksi untuk pedagang yang terdaftar di Bappebti, serta 0,22 persen dikali dengan nilai transaksi untuk pedagang yang tidak terdaftar di Bappebti.

Selain itu, tarif PPh bagi penjual aset kripto dikenai PPh 22 final dengan tarif 0,1 persen dari nilai transaksi untuk yang terdaftar, dan 0,2 persen dari nilai transaksi untuk selain yang terdaftar. Penambang aset kripto dikenai PPh 22 final 0,1 persen dari nilai transaksi.

Kemudian untuk Penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PPMSE) atas penyelenggaraan perdagangan kripto dikenai PPh dengan tarif umum, atas transaksi aset kripto dikenai PPh 22 final 0,1 persen dari nilai transaksi.

Artikel ini telah tayang di medcom.id dengan judul “Sri Mulyani Kumpulkan Pajak Kripto Lebih dari Rp48 Miliar”, Klik selengkapnya di sini:¬†https://m.medcom.id/ekonomi/makro/8koZaZOb-sri-mulyani-kumpulkan-pajak-kripto-lebih-dari-rp48-miliar

Penulis: Eko Nordiansyah

Show Buttons
Hide Buttons