Keran Ekspor Benih Lobster Dibuka, Nelayan Untung Berapa?

Jakarta – Keran ekspor benih lobster telah dibuka setelah sempat dilarang. Kebijakan ini diklaim untuk membantu nelayan yang hidupnya bergantung pada budidaya komoditas satu itu.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan eksportir harus membeli benih lobster dari nelayan dengan harga minimal Rp 5.000 per ekor. Harga itu lebih tinggi dibanding saat berlakunya larangan eskpor.

“Harga di petaninya diwajibkan Rp 5.000 minimal. Tidak kayak dulu yang diekspor ilegal itu mereka hanya dibeli Rp 1.000 sampai Rp 2.000 (per ekor). Sekarang saya minta juga keadilan. Saya ngelola negeri ini juga kita kerja keras karena kita untuk membuktikan apa yang diperintahkan Pak Jokowi ini harus jalan,” ujar Edhy dalam rapat kerja bersama Komisi IV DPR RI, Jakarta, Senin (6/7/2020).

Jika dihargai Rp 5.000 per ekor, misalnya eksportir membeli 100 juta ekor, maka nelayan bisa dapat Rp 500 miliar. Jika harga itu dilanggar, maka pemberian izin usaha ekspor akan dicabut.

“Tidak ada penekanan harga. Kalau ada perusahaan yang kita izinkan menekan harga itu akan kami langsung cabut. Kontrolnya sangat mudah karena semuanya terdaftar di mana, posisinya di mana, letaknya di mana mereka berusaha,” ucapnya.

Selain itu, negara juga akan mendapat pemasukan dari pajak yang ditetapkan dari ekspor benih lobster.

“Kalau harganya di bawah Rp 10.000 (per ekor) dia cuma membayar Rp 1.000 pajaknya. Tapi kalau di atas Rp 25.000 per benih, dia bisa sampai Rp 5.000 bayar ke negara. Makanya saya kasih izin saja daripada nanti dia ngebeli, uangnya nggak kembali, besoknya nggak bisa beli punya nelayan lagi, siapa yang nanggung makannya mereka lagi,” jelasnya.

Baca juga: Edhy Prabowo Buka-bukaan soal Orang Gerindra Dapat Izin Ekspor Benih Lobster

Edhy menegaskan peraturan yang dibuat ini tidak bersifat baku. Jika memang aturan ekspor benih lobster ini harus dirombak suatu saat, dia mengaku siap melaksanakannya.

“Ini bukan kitab suci yang kita ciptakan. Kalau salah kita perbaiki. Pada saat dia di undang-undang kan, check and balance, kontrolnya berjalan, koreksi berjalan. Jangan khawatir, saya bukan menteri yang keras kepala yang pada saat dikasih masukan untuk dirombak nggak mau rombak kayak yang dulu,” tandasnya.

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul “Ekspor Benih Lobster Dibuka, Nelayan Untung Berapa?”, https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5082282/ekspor-benih-lobster-dibuka-nelayan-untung-berapa?tag_from=wp_nhl_26

Penulis: Anisa Indraini

Loading spinner
Show Buttons
Hide Buttons