Ini Cara Impor Barang Dari China untuk Pemula

Kalau kamu suka belanja barang dari Cina, bagaimana cara membeli barang langsung dari sana? Ada sejumlah pilihan. Bisa belanja melalui laman e-commerce, pakai jasa importir, atau lewat jalur pelabuhan. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Pertama, impor barang dari cina menggunakan jalur marketplace. Beberapa marketplace yang bisa kamu coba antara lain:

  • Menggunakan Alibaba

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan Alibaba. Marketplace ini merupakan salah satu yang terbesar yang menyediakan berbagai kebutuhan yang kamu inginkan. Marketplace yang didirikan oleh Jackma ini memiliki pertumbuhan paling tinggi di Asia. Serunya lagi, kamu bisa berbelanja di sini dengan harga grosir. Jadi situs ini memang ditujukan untuk para pebisnis alias menggunakan sistem B2B transaction.

  • AliExpress

Sementara itu, AliExpress adalah anak perusahaan Alibaba. Mereka menyediakan barang yang sama namun dengan sistem yang berbeda. Kalau Alibaba ditujukan untuk para pebisnis dengan menerapkan sistem penjualan borongan, AliExpress lebih ditargetkan langsung pada konsumen.

Bila kamu hanya ingin mengoleksi beberapa barang saja, situs ini bisa jadi pilihan. Kalau kamu ingin membuka bisnis tapi modalnya terbatas, AliExpress adalah tempat yang pas untuk mencari barang-barang murah.

  • Taobao

Taobao ini ibaratnya E-bay versi Cina. Yang membedakan dari Taobao adalah sistem lelang yang lebih sedikit dan lebih fokus pada fixed-price sellers. Di sini banyak sekali hot deals yang membuat para konsumen tidak mau ketinggalan dengan produk terbaru yang dipajang di sana. Tidak hanya itu, strategi Taobao yakni menggunakan waktu terbatas, sehingga konsumen merasa harus segera membeli.

  • 1688

Situs 1688.com juga merupakan salah satu anak perusahaan Alibaba. Meskipun situs ini berbahasa mandarin, kamu masih bisa menggunakan fitur terjemahan di sana. Yang membedakan situs ini dengan Alibaba adalah harga yang ditawarkan. Selain bisa beli barang-barang eceran, kamu bisa dapat harga lokal di sana.

  • id

Caribarang.id merupakan platform sourcing produk internasional yang hadir untuk membantu kebutuhan kamu dalam mencari produk dari penyuplai marketplace grosir terbesar di China. Kelebihan dari platform ini adalah pelayanan end to end dalam satu pintu. Cukup menggunakan satu platform proses pencarian barang, belanja, pembayaran dan pengiriman dapat dilakukan dalam satu platform.

Proses pengiriman di¬†caribarang.id¬†pun terbilang sangat cepat dengan bantuan partner logistik terbaik. Estimasi pengiriman barang sejak barang berangkat dari China ¬†hingga sampai di Jakarta yaitu 30 ‚Äď 45¬† hari melalui jalur laut, sedangkan jika melalui jalur udara membutuhkan waktu 7 – 14 hari. Akan tetapi, lama atau cepatnya proses pengiriman barang tergantung pada proses custom/bea cukai dan juga pada proses perjalanan dari ekspedisi lokal yang di pesan.

Tertarik menggunakan jasa Cari Barang untuk sourcing barang dari china yang berkualitas, aman dan mudah? Kunjungi website di halaman https://caribarang.id

Cara kedua, pakai jasa importir. Kalau kamu tidak mau ribet, kamu bisa mencari jasa importir lokal yang memang menyediakan jasa ini bagi para penggemar produk Cina. Kalau kamu mau berbisnis dan ogah ribet dalam membanding-bandingkan harga, jasa importir ini bisa jadi tempat yang aman. Meski demikian, kamu tentunya harus setuju dengan syarat-syarat yang diterapkan oleh penyedia layanan ini.

Cara ketiga, gunakan jalur pelabuhan. Cara ini adalah cara paling tradisional. Kalau kamu memilih memakai cara ini, kamu harus memiliki akses langsung dengan pihak seller di Cina. Bila sudah, kamu tinggal membuat kesepakatan harga produk, proses pengiriman dan seterusnya.

Dalam jalur ini, umumnya pihak yang terlibat adalah pengusaha-pengusaha besar. Tidak hanya itu, kamu juga harus memperhatikan prosedur ekspor dan impor yang berlaku di Indonesia.

Cara keempat, datang sendiri ke Cina. Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan terjun langsung ke negara Cina. kamu bisa memilih barang-barang yang kamu inginkan untuk dijual kembali di Indonesia. Meski demikian, pastikan kamu memperhatikan kebijakan bea cukai dan pajak tentang barang-barang dari luar negeri.

Apa Yang Harus Diperhatikan Sebelum Impor Barang?

Meski sekarang akses untuk impor barang jauh lebih mudah, kamu tetap harus memperhatikan beberapa aspek penting. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Menentukan Sistem Perdagangan dan Harga

Bila tujuanmu mengimpor barang dari Cina adalah untuk bisnis, pastikan mendiskusikan sistem pembayaran dengan supplier. Dalam hal ini ada beberapa jenis yang bisa dilaukan yaitu:

  • FOB (Free On Board)
  • CRF (Cost and Freight)
  • CIF (Cost Insurance and Freight)

2. Biaya Pengiriman

Biaya pengiriman jadi sangat penting karena cukup mahal. Pastikan mempelajari term of trade dan perhatikan juga biaya tambahan yang harus ditambahkan. Dalam hal ini, pihak jasa dan pengangkut memberikan biaya yang harus dibayarkan sesuai dengan ukuran dan berat barang.

3. Pilihan Freight Forwarder

Freight Forwarder yang baik akan membantu kliennya mengurus semua dokumen yang diperlukan mulai asuransi, kepabeanan, dsb.

4. Pilihan Sistem Pengiriman

Ada tiga macam jenis pengiriman yang bisa kamu pilih, yaitu:

  • Ocean Freight ‚Äď Jalan ini dipilih Kalau kamu memilih jalur laut. Bila kamu membeli barang dengan jumlah yang cukup banyak, kamu bisa menggunakan cara ini.
  • Air Freight ‚Äď Jalan ini kamu pilih kalau pakai jalur udara. Apa bila jumlah barang yang dipilih kecil, jalur udara yang paling cepat. Selain cepat, umumnya lebih aman karena tidak khawatir terselip mengingat hanya sedikit.
  • Jalur darat ‚Äď Jalan ini jarang sekali dilakukan. Jalur ini digunakan setelah barang hampir tiba di tempat tujuan yang mana ini adalah hasil kombinasi laut dan udara.

5. Pahami Aturan Pabean

Aturan impor sekarang cenderung ketat. kamu harus memperhatikan aneka barang yang boleh dan tidak boleh masuk ke Indonesia. Disamping itu, lihat juga pajak masuk barang. Hal ini umumnya dilakukan pemerintah untuk melindungi pasar lokal agar tidak tergerus oleh pasar asing.

6. Sistem Pembayaran

Selain mendiskusikannya dengan supplier, kamu juga wajib memikirkan sistem pembayaran yang disediakan oleh mereka. kamu bisa menggunakan sistem transfer, kartu kredit dan pay later. Pembayaran pay later ini biasanya dilakukan begitu barang diterima. Jadi ini tergantung kesepakatan kedua belah pihak.

Nah, itulah cara impor barang dari China dan sistem pembayaran yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat.

 

Artikel ini telah tayang di tempo.co¬†dengan judul “Cara Impor Barang Dari China untuk Pemula”, Klik selengkapnya di sini:¬†https://nasional.tempo.co/read/1634620/cara-impor-barang-dari-china-untuk-pemula

Siswanto | Mohammad Fadil Djailani
Show Buttons
Hide Buttons