Ekspor RI Capai US$ 16,54 Miliar Di Desember 2020, Tertinggi Sejak Akhir 2013

Hisconsulting – JAKARTA. Nilai ekspor Indonesia mengalami peningkatan pada bulan Desember 2020. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, nilai ekspor pada bulan tersebut adalah sebesar US$ 16,54 miliar. 

Kepala BPS Suhariyanto bilang, nilai ekspor bulan lalu merupakan yang tertinggi di sepanjang tahun 2020. Bahkan, kalau menilik ke belakang, nilai ekspor tersebut merupakan yang paling tinggi sejak Desember 2013, yang pada waktu itu mencatat ekspor sebesar US$ 16,97 miliar. 

“Tentu ini menggembirakan karena biasanya ekspor pada bulan Desember agak menurun karena banyak hari libur. Tetapi pola pada bulan Desember 2020 ini berbalik dan ini tentunya sangat menggembirakan,” ujar Suhariyanto, Jumat (15/1). 

Baca Juga: China Mau Impor Sawit Lebih Banyak dari Indonesia, CPO Malah Drop 2%

Nilai ekspor pada bulan Desember 2020 tersebut berarti meningkat 8,39% dari bulan November 2020. Peningkatan secara bulanan ini didorong oleh adanya peningkatan ekspor minyak dan gas (migas) sebesar 33,66% mom. 

Peningkatan ekspor migas ini didorong oleh peningkatan ekspor nilai minyak mentah yang naik dari sisi volume dan sisi harga. Demikian juga didorong oleh peningkatan ekspor gas. Sementara ekspor non migas tercatat meningkat 7,06% mom.

Sementara bila dibandingkan dengan bulan Desember 2019, nilai ekspor juga tercatat meningkat sebesar 14,63% yoy. Peningkatan ekspor ini didorong oleh peningkatan ekspor non migas yang naik sebesar 16,73% yoy. Sayangnya, ekspor migas kita masih mengalami penurunan sebesar 10,10% yoy. 

Baca Juga: Bea Cukai Beri Fasilitas Percepatan Impor Bahan Baku Vaksin Sinovac

Ke depan, Suhariyanto berharap kalau nilai ekspor ini akan semakin menggembirakan. Hal ini seiring dengan harapan adanya peningkatan permintaan komoditas dari negara-negara tujuan ekspor utama Indonesia. 

“Selain itu, diharapkan juga adanya peningkatan harga komoditas. Dibarengi dengan penanganan kesehatan di negara-negara lain termasuk Indonesia yang mempercepat pemulihan, sehingga prospek ekspor lebih menggembirakan,” tandasnya. 

Artikel ini telah tayang di kontan.co.id dengan judul “Ekspor Indonesia Capai US$ 16,54 Miliar Di Desember 2020, Tertinggi Sejak Akhir 2013”, https://nasional.kontan.co.id/news/ekspor-indonesia-capai-us-1654-miliar-di-desember-2020-tertinggi-sejak-akhir-2013

Reporter: Bidara Pink | Editor: Tendi Mahadi

Loading spinner
Show Buttons
Hide Buttons