Daging Impor Sapi Brasil Sepi Peminat, RI Masih Mau Impor?

Jakarta – Realisasi impor daging sapi Brasil 2019 hanya 3.500 ton dari kuota yang diberikan 50 ribu ton. Namun, pemerintah tetap mempertimbangkan akan membuka kuota impor lagi pada 2020 untuk program stabilisasi harga.

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengatakan bahwa impor sapi dari Brasil akan dilakukan lagi tahun depan untuk memenuhi kecukupan daging tahun depan.

“Rencananya begitu [Akan impor sapi dari Brasil],” ujar Agus usai rakor pangan di kantor Kemenko Perekonomian.

Kendati demikian Agus belum bisa memastikan berapa jumlah kuota sapi yang akan di impor asal Brasil tersebut. Rencananya Bulog yang akan ditugaskan untuk melakukan impor sapi dari Brasil.

“[Kuotanya] belum difinalisasi. Nanti masih dibahas berikutnya, berikutnya berkaitan dengan daging kerbau dan sapi. Jadi nanti Bulog [yang ditugaskan],” jelas Agus.

Sementara itu, Dirut Perum Bulog Budi Waseso belum mengetahui secara pasti mengenai adanya penugasan impor daging sapi tersebut.  Buwas menyerahkan sepenuhnya kepada kementerian yang terkait, yang punya wewenang untuk menugaskan pihaknya.

“Terserah dari Menko Perekonomian [Airlangga Hartarto], karena Bulog sifatnya penugasan. Kalau penugasan diperlukan, ya kita laksanakan kalau sudah ada keputusan. Kalau nggak, ya tidak apa-apa juga,” jelasnya.

Sebelumnya, Buwas menegaskan tidak akan melakukan impor daging sapi dari Brasil pada tahun ini. Pasalnya, pasokan daging sapi di dalam negeri disebut masih mencukupi.

“Kalau impor daging sapi dari Brasil, perjalanannya saya hitung 47 hari, belum prosesnya, lebih baik tahun depan saja deh sambil kita hitung kebutuhannya. Kenapa? Daging kerbau sudah mencukupi, daging sapi dari Australia sudah banyak, daging sapi lokal juga banyak,” kata Buwas beberapa waktu lalu.

Dengan pasokan daging yang melimpah, ia khawatir impor akan menekan pedagang dan peternak lokal. “Kalau kita impor lagi ini kan bisa mubazir, artinya kita menjatuhkan produk lokal,” kata Buwas.

Bulog mendapat kuota 30 ribu ton dari alokasi 50 ribu ton, tapi memutuskan untuk tak mengimpor daging sapi dari Brasil.

Artikel ini telah tayang di cnbcindonesia.com dengan judul “Sepi Peminat, Daging Impor Sapi Brasil Masih Mau Diimpor RI?”, https://www.cnbcindonesia.com/news/20191226161918-4-125794/sepi-peminat-daging-impor-sapi-brasil-masih-mau-diimpor-ri.

Penulis: Cantika Adinda Putri

Tinggalkan Balasan

Show Buttons
Hide Buttons