Raih Sertifikasi ISO 9001 dan ISO 37001, Bea Cukai Berkomitmen Berikan Layanan Berstandar Internasional

Hisconsulting, SEMARANG — Berhasil meraih sertifikasi ISO 9001:2015 serta ISO 37001 : 2016 pada 19 layanan KepabeananBea Cukai Tanjung Emas terus berkomitmen memberikan pengawasan dan pelayanan yang prima kepada pengguna jasa, melalui sistem manajemen mutu berbasis efektivitas, efisiensi, dan akuntabilitas serta sistem anti penyuapan yang didasari nilai integritas.

“Terima kasih seluruh pengguna jasa yang telah berkontribusi dan mendukung Bea Cukai Tanjung Emas dalam menjalankan tugas. Sertifikasi ISO 9001 dan 37001 ini selain komitmen Bea Cukai Tanjung Emas dalam membangun Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) juga sebagai bukti jaminan bahwa Bea Cukai Tanjung Emas akan senantiasa menjaga kualitas dan kredibilitas layanan dengan standar internasional,” ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Anton Martin sebagai pimpinan yang menjadi role model bagi seluruh pegawai Bea Cukai Tanjung Emas dalam menjalankan sistem manajemen ini.

Sertifikasi ISO 9001:2015 merupakan standar internasional untuk sistem manajemen mutu yang berisi tentang persyaratan dan rekomendasi yang bertujuan menjamin organisasi memberikan layanan sesuai kebutuhan pengguna jasa.

“ISO 90001 ini sebagai kendali terhadap proses dan prosedur sudah tersusun dalam suatu sistem sehingga kami dapat memastikan jalannnya proses pelayanan dengan mudah. Apabila ada masalah, dapat diantisipasi dan diperbaiki dengan cepat. Sebagai instansi pemerintah kami menjamin untuk memberikan layanan prima kepada masyarakat,” terang Anton

Sedangkan sertifikasi kedua, yakni ISO 37001 : 2016, sebuah standar yang mengatur tentang sistem manajemen anti penyuapan (SMAP). Bea Cukai Tanjung Emas telah menciptakan kebijakan anti-suap muai dari prosedur dan pengendaliannya misalnya melalui audit internal, manajemen resiko serta wistleblowing system yang rutin diawasi serta dievaluasi.

“Melalui ISO 37001, kami bangun pengawasan dan pelayanan yang didasari nilai integritas, kami berkomitmen melaksanakan tugas baik pengawasan maupun pelayanan yang berpedoman pada sistem anti penyuapan sehingga dengan cara inilah kami dapat memastikan tidak ada pelanggaran atau tindakan yang mengarah pada bentuk penyuapan,” imbuh Anton

Terdapat 19 layanan yang mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2015 dan 370001:2016 yakni

Perbaikan (Redress) Manifes Minor (Tanpa Persetujuan Kepala Kantor) selain perubahan consignee,

Pemeriksaan Fisik Barang Impor (PIB) Jalur Merah,

Pemberian izin impor kembali barang yang telah diekspor (reimpor),

Pemberian izin impor sementara,

Pemberian izin penimbunan barang impor di gudang atau lapangan penimbunan milik importir,

Pembatalan BCF 1.5 (status barang yang dinyatakan tidak dikuasai),

Impor barang yang mendapatkan kemudahan pelayanan segera (rush handling),

Impor barang kiriman melalui penyelenggara pos,

Impor barang kiriman melalui Perusahaan Jasa Titipan (PJT),

Pembatalan PEB, Pembetulan data PEB yang disampaikan melalui media penyimpanan data elektronik,

Pemberian izin ekspor barang yang akan diimpor kembali (ekspor),

Pemeriksaan Dokumen PIB Jalur Kuning,

Pemeriksaan Dokumen PIB Jalur Merah,

Penerusan permohonan keberatan atas penetapan pejabat bea dan cukai,

Pembatalan PIB serta Layanan informasi, konsultasi dan bimbingan kepatuhan di bidang kepabeanan dan cukai.

19 Layanan yang mendapatkan Sertifikasi ISO 9001:2015 serta ISO 37001 : 2016 ini akan selalu diukur dan dievaluasi secara terus menerus untuk memastikan peningkatan sistem mutu yang berkesinambungan.

Prinsip manajemen mutu ini ditetapkan untuk dapat diikuti oleh seluruh pegawai baik dari level pimpinan puncak sampai dengan pelaksana.

Sehingga diharapkan sertifikasi ini dapat menjadikan motivasi untuk seluruh pegawai agar dapat berkontribusi secara maksimal untuk menjaga kualitas, efisiensi, serta produktivitas dalam standar ISO yang telah ditetapkan.

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Raih Sertifikasi ISO 9001 dan ISO 37001, Komitmen Bea Cukai Berikan Layanan Berstandar Internasional, https://jateng.tribunnews.com/2021/11/04/raih-sertifikasi-iso-9001-dan-iso-37001-komitmen-bea-cukai-berikan-layanan-berstandar-internasional.

Show Buttons
Hide Buttons