Indonesia Ekspor Tekstil 50 Kontainer ke 20 Negara, Nilainya USD 3,7 Juta

Hisconsulting – Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan melepas ekspor tekstil dan produk tekstil PT Sri Rejeki Isman Tbk (PT Sritex) sebanyak 50 kontainer. Produk tekstil akan diekspor ke-20 negara dengan nilai USD 3,7 juta.

Zulkifli menuturkan, momentum ekspor kali ini sebagai tanda bahwa industri tekstil dan produk tekstil Indonesia mulai bergeliat dan bangkit di tengah pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi.

“Pelepasan ekspor ini menjadi momentum dalam mendorong pemulihan ekonomi dan kebangkitan industri tekstil Indonesia,” ujar Zulkifli, Kamis (15/9).

Zulkifli juga menyampaikan, pada produk tekstil yang diekspor mencakup garmen, kain jadi, dan benang dengan tujuan ekspor ke-20 negara di dunia seperti Swedia, Thailand, Malaysia, Brasil, Bangladesh, Portugal, Polandia, Republik Dominika, Mesir, Meksiko, Jepang, Argentina, Yordania, Persatuan Emirat Arab, Korea Selatan, Turki, Spanyol, India, Amerika Serikat, dan Qatar.

Dalam kesempatan itu, Zulkifli juga menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara urutan ke-16 sebagai negara eksportir tekstil dan produk tekstil dengan pangsa pasar sebesar 1,44 persen pada 2021.

Pertumbuhan Ekspor

Pada periode ini, ekspor tekstil dan produk tekstil Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Pada 2021, nilai ekspor tekstil produk tekstil Indonesia mencatatkan nilai sebesar USD12,9 miliar, naik 25,52 persen dibandingkan 2020 yang tercatat sebesar USD10,5 miliar,” ucapnya.

Selain itu, beberapa negara tujuan ekspor tekstil Indonesia juga mengalami pertumbuhan signifikan. Lima negara dengan kenaikan signifikan yakni Honduras naik 140 persen, Swedia 58,8 persen, Meksiko 49,1 persen, Bangladesh naik 46,6 persen, dan Kanada 44,3 persen.

“Hal ini menunjukkan kinerja ekspor TPT Indonesia ke dunia terus mengalami peningkatan nilai dan mampu memanfaatkan peluang pasar dunia, khususnya negara tujuan ekspor non tradisional,” kata Zulkifli.

 

Artikel ini telah tayang di merdeka.com¬†dengan judul “Indonesia Ekspor Tekstil ke 20 Negara, Nilainya Tembus USD 3,7 Juta”, Klik selengkapnya di sini:¬†https://www.merdeka.com/uang/indonesia-ekspor-tekstil-ke-20-negara-nilainya-tembus-usd-37-juta.html

Reporter : Yunita Amalia
Show Buttons
Hide Buttons