Bea Cukai Ingatkan Masyarakat Tentang Larangan Impor Pakaian Bekas

Hisconsulting, SAMBAS – Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC), Tipe Madya Pabean C Sintete, Denny Prasetyanto mengingatkan agar masyarakat tidak lagi mengimpor pakaian bekas dari luar negeri masuk ke Kabupaten Sambas.

Dipaparkan dia, penindakan terhadap barang bekas itu merupakan komoditi yang dilarang untuk di import sesuai pasal 47 ayat (1) undang-undang nomor 7 tahun 2014 tentang perdagangan dan peraturan menteri perdagangan RI nomor 51/M-DAG/PER/7/2015 tentang larangan impor pakaian bekas.

Hal itu juga berpotensi menimbulkan kerugian negara kata dia, karena tidak masuk cukai negara.

“Selain menimbulkan kerugian negara secara materi (fiskal-red), juga terdapat kerugian negara dalam bentuk immaterial,” ujarnya, Kamis 24 Juni 2021.

Selain itu kata dia, dari sisi ekonomi juga menimbulkan kerugian yang merusak pasar domestik.

“Dari sisi ekonomi impor pakaian bekas akan sangat mengganggu pasar domestik yang merupakan pangsa pasar sebagian besar industri kecil dan menengah tekstil dan produk tekstil,” katanya.

“Selain itu juga merugikan pekerja konveksi kita. Yang nantinya berakibat akan ada beberapa industri kecil dan menengah tekstil dan produk tekstil serta konveksi yang tutup kemudian berimbas pada peningkatan jumlah pengangguran di dalam negeri,” tuturnya.

Baca Juga: Pelemahan Impor Berpotensi Berlanjut Imbas Lonjakan Kasus Covid-19

Lebih lanjut dia memaparkan, disisi kesehatan juga berdampak tidak baik kepada penggunanya.

“Dari sisi kesehatan pakaian bekas akan menularkan penyakit ke pemakaiannya karena tidak higienis,” katanya.

Untuk itu kata dia, pakaian bekas yang disita beberapa waktu lalu mesti dimusnahkan agar tidak merusak pangsa pasar dan merugikan perekonomian masyarakat.

“Karenanya, barang milik negara tersebut tadi secara bersama-sama kita saksikan telah dimusnahkan dengan cara dipotong dan dibakar sampai habis,” tutupnya.

Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul Bea Cukai Ingatkan Warga Tentang Larangan Impor Pakaian Bekas, https://pontianak.tribunnews.com/2021/06/24/bea-cukai-ingatkan-warga-tentang-larangan-impor-pakaian-bekas.
Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Rivaldi Ade Musliadi

Show Buttons
Hide Buttons